Perbedaan Antara VPS Hosting vs Cloud Hosting

 

Ketika bingung untuk memilih antara virtual private server (VPS) hosting dan cloud hosting, mana yang terbaik? Pada dasarnya lingkungan antara VPS dengan cloud adalah sama. Cloud server dapat dipanggil sebagai VPS server, tetapi VPS bukanlah cloud server.

VPS telah lama dikenal sebagai cara terbaik bagi bisnis untuk mengurangi biaya IT dan meningkatkan efisiensi operasional. Dengan mengisolasi aplikasi dan program kedalam satu server virtual yang telah disetting sedemikian rupa. VPS menyediakan privasi, keamanan dan kontrol tingkat tinggi. Memang VPS dan cloud sama-sama menawarkan biaya yang lebih hemat dari sisi hardware dan juga menawarkan fleksibilitas untuk menjalankan beberapa sistem operasi atau program pada satu server bersamaan. Namun VPS tidak memiliki skalabilitas, sedangkan cloud kita dapat membebas untuk mengupgrade atau mengdowngradenya.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara VPS hosting dan cloud hosting.

1. Infrastruktur

Dalam VPS hosting, satu dedicated server dapat dipartisi menjadi beberapa server. Semua partisi ini menggunakan virtualisasi dan masing-masing sever bekerja sebagai dedicated server, terkadang VPS disebut juga dengan virtual dedicated server (VDS).

Tetapi pada cloud hosting, kita menyewa porsi kecil dari jaringan besar yang terdiri dari banyak mesin yang saling dihubungkan. Sehingga kita selalu bisa untuk meningkatkan sumber daya yang kita gunakan sesuai dengan kebutuhan yang semakin meningkat, atau bisa juga menurunkannya, hanya dalam hitungan menit.

2. Ketersediaan

Dalam VPS hosting, jika mesin atau komponennya mengalami kegagalan maka server akan down yang menyebabkan downtime hingga masalah tersebut diperbaiki. Namun dalam kasus cloud hosting, jika ada kegagalan, maka secara otomatis sistem akan menggunakan sumber daya fisik lain yang tersedia untuk meminimalkan downtime.

3. Distribusi Sumber Daya

Dalam lingkungan cloud, kita akan mendapatkan mesin yang benar-benar terpisah dari mesin lainnya. Kita akan mendapatkan sumber daya kita sendiri. Pada VPS, kita menggunakan sejumlah kapasitas disk dan bandwidth tertentu yang telah dipartisi, tetapi CPU dan memori masih menggunakan dari mesin komputer induk. Pada VPS, satu server dedicated dipartisi menjadi beberapa VPS server.

Jakartawebhosting.com

4. Model Pembayaran

Cloud menggunakan platform pembayaran pay-as-you-go, seperti Amazon EC2, yang menyediakan layanan untuk pengguna seperti sumber daya komputasi dan menagihkan hanya yang digunakan oleh pengguna. Pengguna memilih CPU, memory, storage, sistem operasi, keamanan, kapasitas jaringan, akses kontrol, dan software tambahakan yang dibutuhkan, dan membayar apa yang hanya digunakannya saja.

5. Pilihan Sistem Operasi

Tergantung pada metode virtualisasi yang digunakan, VPS hanya menawarkan satu pilihan sistem operasi yang bisa digunakan. Sementara cloud hosting, kita mendapatkan kebebasan untuk memasang sistem operasi yang kita inginkan. Kita bisa memasang atau mengganti sistem operasi yang kita gunakan dari pilihan sistem operasi yang tersedia.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90