Mengukur Kinerja Website Pada Tampilan Mobile

 

Sangat wajar jika kita merasa khawatir mengenai bagaimana kecepatan dan tampilan website kita ketika dibuka oleh pengunjung dari perangkat mobile. Dalam penelitian, ditemukan fakta bahwa pengunjung lima kali lebih ingin keluar dari website yang tidak mobile-friendly. Pengunjung tidak suka untuk menunggu lama, dan ketika website memiliki waktu loading yang lama mereka akan meninggalkannya dan mencari alternatif lain.

Koneksi mobile terus meningkat seiring dengan makin banyaknya orang yang memiliki perangkat mobile dan melakukan browsing internet dari perangkat tersebut. Traffic dari perangkat mobile dua kali lebih besar dari traffic PC desktop. Traffic PC desktop tetap flat dan stagnan. Jadi sangat relevan untuk meningkatkan traffic website kamu dengan menarik pengunjung mobile ke website kamu. Pengunjung yang lebih banyak dan conversion rate yang lebih tinggi hanya dapat dicapai dengan mengoptimalkan website kamu khususnya dalam tampilan mobile.

Untuk itu kamu perlu mengukur kinerja website pada tampilan mobile. Apakah website kamu memiliki waktu loading yang cukup cepat pada tampilan mobile? Ada beberapa tool yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kinerja website pada tampilan mobile.

1. MobiReady

Apakah kamu ingin tahu bagaimana kinerja website kamu pada perangkat mobile? Apakah website kamu ditampilkan dengan sangat baik pada perangkat mobile? MobiReady merupakan tool yang dapat digunakan untuk melakukan semua hal itu.

Jakartawebhosting.com

MobiReady merupakan tool untuk marketer, developer dan designer untuk mengukur kinerja website mereka pada perangkat mobile. Kamu bisa menggunakannya tanpa perlua membayar biaya berlangganan atau gratis. Tool ini akan melakukan analisis yang detil dan menyajikan hasil teknis serta rekomendasi, dan kamu juga dapat melihat tampilan website kamu dalam berbagai perangkat.

Untuk menggunakan MobiReady, kamu cukup mengunjungi website resminya, kamu masukan URL website kamu pada kolom yang telah disediakan pada halaman Home, dan hasilnya akan keluar dalam beberapa saat.

2. TestMySite By Google

Google telah meluncurkan tool yang simpel namun powerfull untuk mengukur kinerja website kamu baik dalam tampilan mobile dan juga desktop. TestMySite akan mengukur kinerja website kamu dan akan memberikan rekomendasi dari hasil yang ditemukan.

Cara menggunakannya cukup masuk ke website TestMySite, dan masukan URL website kamu pada kolom yang disediakan. Nilai dari kinerja dibagikan dalam tiga kategori: Mobile Friendliness, Mobile Speed dan Desktop Speed. Tool ini bisa kamu gunakan gratis.

3. GTmetrix

GTmetrix merupakan tool analisis website lainnya untuk menganalisa website kamu dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki isu yang ditemukan. Tool ini akan memberikan insight bagaimana kinerja website kamu dalam berbagai platform multimedia dan seberapa cepat loading website kamu.

Sama seperti dua tool di atas, kamu juga bisa menggunakan GTmetrix secara gratis, dan juga tersedia versi premium dengan fitur yang lebih banyak. Untuk menggunakannya, buka websitenya dan masukan URL website kamu pada kolom yang disediakan.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90