Cara Meningkatkan Website eCommerce Dengan 5 Langkah Ini

 

SEO memang merupakan bagian yang sangat penting dari website eCommerce yang sukses, tetapi hal tersebut bukanlah segalanya. Ketika pengunjung mengunjungi website eCommerce anda, anda harus memastikan bahwa mereka dapat menemukan apa yang mereka cari. Hal ini juga sangat penting agar pengunjung mau kembali lagi ke website anda.

Coba Lima Tips Ini Intuk Meningkatkan Website eCommerce Anda

1. Buat Kotak Pencarian Yang Intuitif

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat kotak pencarian yang mudah untuk digunakan dan ditampilkan pada setiap halaman web. Saat ini dimana pengguna internet bergantung pada mesin pencari Google yang menyediakan saran pada kotak pencarian. Untuk itu anda juga harus menambahkan teknologi autocomplete pada kotak pencarian di website anda.

Misalkan pengunjung website eCommerce anda mulai mengetik kata, kotak pencarian akan memberikan saran dan menampilkan produk yang sesuai dengan query yang dimasukannya. Fitur yang intuitif ini akan membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari.

Jakartawebhosting.com

2. Filter Hasil Pencarian

Jika website eCommerce anda menyediakan banyak kategori barang dengan berbagai produk yang bervariasi, penting untuk menambahkan filter untuk hasil pencarian. Sehingga pengunjung dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Jika tidak menyediakan fitur ini, hasil pencarian akan menampilkan banyak produk yang tidak sesuai dengan preferensi pengguna. Pengguna mungkin akan menjadi frustasi karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menemukan produk yang diinginkannya, dan kemungkinan tidak akan kembali ke website anda.

Anda bisa mencoba untuk menambahkan fitur filter pada sidebar sebelah kiri atau sesuai dengan preferensi anda. Anda bisa membuat filter misalnya berdasarkan range harga, kategori, merek, produk terjual, dan lain sebagainya.

3. Tingkatkan Navigasi

Ada juga banyak orang yang tidak selalu menggunakan kotak pencari untuk menemukan produk yang diinginkannya. Ada pengunjung yang masih belum tahu produk apa yang mereka cari, mereka akan bernavigasi melalui menu untuk menemukan ide. Misalnya ada seseorang yang ingin mencari smartphone baru tapi masih bingung dengan produk yang diinginkannya, biasanya mereka akan mencari berdasarkan merek smartphone. Jadi selain memiliki fitur pencarian yang sangat baik, jangan lupa juga untuk membuat navigasi yang bagus untuk website anda.

Tidak ada orang yang mau menghadapi menu yang rumit dengan banyak kategori utama yang berbeda. Buat strategi untuk membuat kategori yang sangat baik dan sesuai.

4. Hindari Nol Hasil Pencarian

Ketika pengunjung mencari produk yang diinginkan melalui kotak pencari, namun ternyata produk tersebut tidak ada didalam katalog. Jangan pernah menampilkan nol hasil pencarian. Meskipun produk yang mereka cari tidak ada, kita bisa menampilkan produk lain.

Anda bisa memberikan saran produk lain yang sesuai dengan apa yang mereka ketik, atau juga menampilkan produk yang sesuai dengan produk yang mereka cari. Bisa juga hasil pencarian menampilkan produk yang paling laris, atau jika ada produk yang sedang promo. Hal ini harus kamu lakukan agar pengunjung betah di website anda.

5. Percepat Semuanya

Apakah anda tahu delay selama satu detik pada waktu loading halaman website dapat mengurangi konversi dari website eCommerce sebesar 7%? Pengunjung rata-rata berharap website yang dikunjunginya akan terbuka dalam waktu dua detik. Lebih lama dari itu pengunjung akan lari, yang berarti kesempatan mendapatkan uang menjadi berkurang.

Untuk itu anda harus membangun website yang lebih cepat dan efisien, dan investasi untuk server yang lebih baik.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90