Cara Memperbaiki Error Bandwidth Limit Exceeded

 

Error Bandwidth Limit Exceeded merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada website. Masalah ini biasanya terjadi pada saat beberapa hari terakhir dalam satu bulan, karena telah mencapai bandwidth limit yang sudah ditetapkan oleh penyedia web hosting pada paket web hosting yang dipilih.

Apa itu Error Bandwidth Limit Exceeded?

Itu berarti website kamu telah mencapai limit bandwidth sesuai dengan paket web hosting yang kamu pilih. Hasilnya keseluruhan website kamu ditangguhkan, sehingga tidak bisa mendapatkan pengunjung sama sekali.

Bagaimana Cara Memperbaiki Bandwidth Limit Exceeded?

Karena masalah ini sebenarnya adalah kuota bandwidth kamu selama satu bulan yang telah habis, maka kamu harus menunggu hingga bulan berikutnya. Karena kuota bandwidth akan direset setiap awal bulan.

Atau jika kamu memiliki akses ke cPanel, kamu bisa menghubungi penyedia web hosting yang kamu gunakan, dan kamu bisa meminta untuk upgrade ke paket web hosting baru dengan bandwidth yang lebih besar dari kamu gunakan saat ini.

Apa Yang Menyebabkan Website Menggunakan Begitu Banyak Bandwidth?

Web crawlers & spiders: Seperti yang kita tahu mesin mencari seperti Google sering melakukan indeks ke website kita. Dan ternyata Google Search Spider yang mengindeks website kita, menjadi salah satu yang menghabiskan banyak bandwidth.

Web Traffic: Lalu lintas di website kamu, seperti orang-orang yang berkunjung ke website kamu menggunakan bandwidts, dan juga ketika server mentrasfer gambar, teks dan multimedia ke browser pengguna, juga menggunakan bandwidth. Dari cPanel kamu bisa melihatnya melalui Webalizer atau AWStats.

Email Attachment: Ketika kamu mengirimkan email dengan file attachment yang berukuran besar, hal ini menggunakan bandwidth yang sangat besar. Untuk mensiasatinya kamu bisa memanfaatkan Google Drive, Dropbox, MicroSoft OneDrive. Upload file yang ingin dikirim ke salah satu website tersebut, nanti kamu sertakan link download pada email yang ingin dikirim.

Email di Hack: Email yang dihack akan digunakan untuk mengirim email spam dari server kamu, hal ini menghabiskan sangat banyak bandwidth, jika tidak segera diatasi. Untuk itu kamu harus gunakan password yang sangat kuat untuk email dan juga akun cPanel untuk menghindari masalah ini.

Serangan Web: Serangan seperti DOS dan DDOS tidak hanya akan menghabis bandwidth website kamu, tetapi juga dapat merusak web lain yang ada pada server yang sama hingga dimitigasi secara benar.

Jakartawebhosting.com

Kesimpulan

Masalah Bandwidth Limit Exceeded bisa terjadi karena beberapa faktor, bisa dari traffic dan juga dari serangang pihak ketiga seperti spam atau serangan DOS.

Sebelum meng-upgrade paket web hosting baru, pastikan kepada penyedia web hosting apakah kehabisan limit bandwidth bukan diakibatkan oleh serangan pihak ketiga, jika hal tersebut yang terjadi seharusnya mereka menyediakan bandwidth sementara sampai masalah tersebut terselesaikan, tergantung perusahaanya karena tidak semuanya memiliki kebijakan tersebut.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90