Cara Install Roundcube di Website Kamu

 

Roundcube merupakan salah satu email client berbasis web gratis yang sangat popular di internet. cPanel memang datang dengan Roundcube secara default, namun jika kamu ingin install Roundcube dengan menggunakan custom directory bisa melakukan secara manual.

Roundcube dapat menjadi alternatif solusi webmail klasik seperti Squirrelmail dan Horde, yang sangat berguna, tetapi memiliki gaya yang terlihat membosankan. Pada post kali ini kami akan menunjukan cara untuk install Roundcube di website kamu. Dan kamu bisa login email melalui URL situskamu.com/mail atau situskamu.com/email, daripada login webmail klasik di www.situskamu.com/webmail.

Install Roundcube di Website Kamu

Sebelumnya install Roundcube, yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat database MySQL baru yang akan digunakan untuk install Roundcube.

Masuk ke cPanel-> MySQL Databases, lalu buat database MySQL, username, passworrd, dan buat full privileges.

Buka terminal ssh, login sebagai root pada server kamu dan masuk ke akun cPanel dimana kamu ingin install Roundcube.

cd /home/yoursite/public_html

Ganti “cd /home/yoursite/public_html” sesuai dengan path dari website kamu.

Lalu download dan ekstrak Roundcube:

Jakartawebhosting.com
wget https://github.com/roundcube/roundcubemail/releases/download/1.2.3/roundcubemail-1.2.3-complete.tar.gz
tar -xzvf roundcubemail-1.2.3-complete.tar.gz
mv roundcube mail

Ganti ‘mail’ dibelakang mv roundcube sesuai dengan yang kamu inginkan, bisa email, mailbox, atau apapun terserah kamu. Hasilnya akan menjadi www.situskamu.com/mail atau apapun nama pilihan kamu.

Sekarang dari web browser buka www.situskamu.com/mail atau apapun nama pilihan kamu, untuk menjalankan proses instalasi, kamu akan melihat ada tiga bagian.

Bagian pertama akan mengecek sistem kamu apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Roundcube. Ikon green dan orange normal, namun jika muncul merah menandakan ada critical error yang harus diperbaiki sebelum proses selanjutnya. Jika tidak ada merahnya klik Next untuk proses selanjutnya.

Bagian kedua adalah bagian ‘Create config,’ dimana kamu harus memasukan data database MySQL yang sudah kamu buat sebelumnya.

Setelah semuanya Ok, bisa lanjut ke bagian terakhir. Bagian ketiga ini merupakan Test config, yang akan membantu mengetes instalasi Roundcube sebelum live. Kamu dapat mengecek dan mengetes konfigurasi SMTP untuk mengirim email, dan juga mengetes konfigurasi IMAP.

Langkah terakhir adalah, menghapus direktori installer Roundcube, yang ada di root dari direktori mail.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90