Yuk, Mengenal CMS untuk Membuat Website!

 
Mengenal CMS untuk Membuat Website
CMS untuk Membuat Website

Yuk, Mengenal CMS untuk Membuat Website!

Apakah kalian tahu apa itu CMS? Jika tidak, simak yang berikut ini yuk! Menurut Wikipedia, CMS atau sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi isi dari suatu situs web. Umumnya, sebuah Content Management System terdiri dari dua elemen, yaitu aplikasi manajemen isi (Content Management Application/CMA) dan aplikasi pengiriman isi (Content Delivery Application/CDA).

Di dalam sebuah CMS, terdapat beberapa fasilitas yang berkaitan dengan publikasi isi website, pengaturan halaman, pengubahan isi, pencarian, dan lain-lain. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Meskipun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan.

Pada umumnya, sebuah CMS memiliki dua bagian kategori front-end dan back-end. Kecanggihan dan fitur masing-masing CMS tergantung pada CMS yang digunakan. Lalu, mengapa kita perlu menggunakan CMS? Sebab jika kita tidak terlalu mahir dalam menggunakan kode HTML, kita dapat memanfaatkan CMS untuk melakukan pembuatan, pengubahan, maupun publikasi konten terhadap website kita sendiri.

Berikut adalah keuntungan yang didapat jika kita menggunakan CMS:

  1. Konsistensi design website dapat dijaga.
  2. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk pengelolaan website.
  3. Content yang dikehendaki dapat dipublikasikan tanpa pengeditan oleh orang lain.
  4. Menghemat biaya untuk mempekerjakan web specialist.
  5. Notifikasi otomatis kepada pemilik website jika ada content yang sudah kadaluarsa.
  6. Memungkinkan kerjasama yang baik antar pengelola suatu website.
  7. Mengurangi kompleksitas dalam pengelolaan informasi ke website.

CMS dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas, portal, aplikasi e-commerce, website pribadi, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa macam CMS yang paling sering digunakan orang.

1. CMS WordPress

CMS wordpress adalah sebuah CMS yang dikategorikan ke dalam CMS jenis blog. Meskipun tergolong jenis blog, namun banyak sekali developer-developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat website company profile hingga toko online. Selain CMSnya yang user friendly, CMS wordpress memiliki fitur dan layanan yang banyak.

2. CMS Joomla

Umumnya, CMS joomla digunakan untuk membuat website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. CMS joomla memang dikhususkan untuk membangun website yang powerfull. Meskipun CMS wordpress juga powerfull, tetapi CMS Joomla lebih kompleks dari CMS wordpress dan sistem manajemennya sedikit rumit dari CMS wordpress.

3. CMS Drupal

Dengan drupal, kalian dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website mulai dari blog sederhana sampai forum online dengan komunitas besar. Desain drupal memang tidak sebagus Joomla, tapi sangat mudah untuk dicustomize. CMS drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti search tool, search-engine friendly URL, dan agregator berita.

Jakartawebhosting.com

4. CMS Opencart

CMS opencart adalah CMS khusus untuk membuat website toko online. CMS ini banyak dipakai oleh kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS opencart bisa dibilang sudah lengkap, karena CMS ini memang dikhususkan untuk e-commerce. Berbeda dengan CMS-CMS di atas, kekurangan CMS opencart adalah dari segi SEOnya.

5. CMS Moodle

CMS moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat website aplikasi e-learning, dan fitur-fiturnya pun sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dan lain-lain. Namun manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus memerlukan pemahaman tentang cara penggunaannya.

Yuk, Mengenal CMS untuk Membuat Website!

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90