7 Mitos Seputar TLD

 

Memilih nama domain bisa menjadi hal yang sangat sulit, karena berhubungan dengan merek dari perusahaan kamu. Namun kamu bisa langsung menggunakan nama perusahaan kamu sebagai nama domain.

Bagian sulit lainnya dari memilih nama domain, adalah menentukan TLD atau top-level domain yang akan digunakan. TLD terdengar seperti terminologi yang menyeramkan dengan banyak mitos diluar sana.

TLD pada dasarnya merupakan akhiran ke situs kamu, seperti misalnya ‘.com,’ ‘.co.id,’ ‘.id,’ ‘.edu,’ atau bahkan bisa mengguna ‘.sexy,’ itu semua adalah TLD. gTLD atau generic top-level domain merupakan generic domain yang dapat digunakan oleh siapa saja, sementara TLD, ccTLD dan sTLD hanya dapat digunakan untuk negara atau organisasi tertentu.

Ada banyak mitos seputar TLD, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kebanyakan adalah tidak benar.

1. Mitos Seputar TLD: .Com Kunci Dari SEO

Banyak yang bilang, kalau ingin SEO yang bagus harus menggunakan akhiran .com. Tetapi menurut Google, sistem yang diterapkan oleh Google memberlakukan gTLD seperti gTLD lainnya seperti .com dan .org. TLD tidak memberikan pengaruh baik yang positif maupun yang negatif pada hasil pencarian.

Apapun TLD yang kamu pilih tidak akan memberikan pengaruh apapun pada SEO.

2. Mitos Seputar TLD: Orang Tidak Percaya dengan TLD Baru

Menurut penelitian dari grup NCC menunjukan bahwa hanya ada 9% pengunjung yang merasa aman ketika mengunjungi website dengan TLD baru. Jadi dari sini bisa disimpulkan, pengunjung lebih memilih untuk mengunjungi website .com, .org atau TLD popular lainnya.

Namun dengan branding yang baik dan meningkatkan desain dari website kamu, pengunjung akan lebih percaya untuk mengunjungi website kamu.

3. Mitos Seputar TLD: Kamu Dapat Mengganti TLD Kapan Saja

Memang kamu bisa mengganti TLD kapan saja yang kamu mau, tetapi Google mengatakan bahwa perubahan pada nama domain membutuhkan waktu yang lama untuk prosesnya agar website kamu terindeks kembali. Jadi bagusnya kamu memilih TLD yang sesuai dengan kebutuhan website kamu dalam jangka waktu yang lama.

Jakartawebhosting.com

4. Mitos Seputar TLD: .com Sekarat

.com masih menjadi yang paling popular, sekitar 39% domain yang terdaftar menggunakan akhiran .com dan angka masih terus berkembang.

5. Mitos Seputar TLD: .com Akan Mendominasi Selamanya

.com memang masih menjadi yang popular, tetapi ada masanya. Karena TLD baru terus tumbuh, hanya dalam waktu dua tahun penggunaan TLD baru meningkat dari hanya dua juta domain menjadi 22 juta domain.

6. Mitos Seputar TLD: Brand Terkenal Tidak Menggunakan TLD Baru

Brand terkenal sudah banyak yang pintar dan memilih untuk menggunakan TLD baru, seperti misalnya Microsoft yang menggunakan .tech dan perusahaan properti seperti Barclay dan BNP Paribas yang menggunakan TLD .estates.

7. Mitos Seputar TLD: .fm Untuk Radio, .tv Untuk Televisi

Salah semuanya. Faktanya TLD tersebut merupakan kode negara yang dimiliki oleh negara Micronesia dan Tuvalu. Mungkin karena .fm digunakan oleh website radio terkenal last.fm, jadi banyak yang menganggap bahwa .fm untuk radio.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90