3 Module Nginx Terbaik Untuk cPanel dan WHM

 

Seperti yang kita tahu, untuk saat ini cPanel belum mendukung penuh Nginx, hal ini akan siap dalam beberapa waktu kedepan karena menjadi fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna. Meski demikian, jika kamu ingin menggunakan Nginx pada cPanel, maka bisa memilih untuk menggunakan module Nginx pihak ketiga.

Kenapa Harus Pindah Dari Apache ke Nginx?

Seperti yang kita tahu bahwa cPanel menggunakan web server Apache HTTPD, namun Apache dikenal juga memiliki kinerja yang lambat.

Hal ini akan terasa ketika traffic mulai naik pada server kamu, karena website sudah semakin popular. Atau didalam server cPanel terdapat banyak website, yang menyebabkan kinerja website semakin lambat. Apache berguna jika kamu memiliki sedikit website, namun jika mempunyai banyak website, sangat tidak ideal server http dijalankan didalam cPanel.

Nginx hadir untuk membantu server cPanel, dimana menawarkan hampir 2x lipat kinerja yang ditawarkan oleh Apache dalam hal menangani request. Nginx dapat menangani static request sangat baik, dan bahkan juga dynamic request dengan mengintegrasikan php-fpm daemon.

Jakartawebhosting.com

cPanel merupakan control panel yang paling banyak digunakan pada industri web hosting, dan mempunyai Nginx yang dipasang pada cPanel dapat memberikan tambahan kinerja server dan juga mengurangi penggunaan sumber daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan Apache.

Nginx dapat membantu server cPanel kamu, namun bukan berarti kaumu harus mengganti Apache secara keseluruhan. Kamu dapat menggunakan Nginx sebagai front end froxy untuk membantu Apache menangani konten statis dari website. Nginx bisa menyajikan konten statis seperti js, css, png, gif, dan jpeg, dan kamu tetap dapat menggunakan Apache untuk konten dinamis.

Setup seperti ini akan membantu menurunkan penggunaan RAM dan CPU, dan akan membuat website berjalan lebih cepat. Dan Google sangat senang dengan website yang cepat.

3 Module Nginx Terbaik Untuk cPanel dan WHM

Berikut ini adalah module Nginx terbaik untuk cPanel dan WHM, ada yang gratis dan juga berbayar, namun semuanya tetap dapat meng-install Nginx di cPanel.

1. Engintron

Engintron merupakan salah satu module Nginx terbaik yang bisa digunakan gratis pada cPanel dan WHM. Dengan module ini dapat meng-install Nginx pada cPanel secara mudah.

Engintron mendukung reverse caching proxy, update otomatis Nginx, dan web dashboard dengan tampilan yang menarik dimana kamu bisa mengontrol layanan seperti Nginx, PHP dan MySQL.

2. NginxCP

NginxCP merupakan module Nginx gratis lainnya yang bisa kamu gunakan pada cPanel, dan menjadi module pertama yang menawarkan dukungan Nginx pada cPanel.

NginxCP memiliki tampilan antarmuka WHM yang menarik, dimana kamu dapat mengelola Nginx vhost, juga dapat men-setup php-fpm, serta juga sebagai proxy cache dan php-fpm cache.

3. cPnginx

cPnginx merupakan module Nginx komersial pertama untuk cPanel. Module ini sangat solid yang dapat membantu kamu men-setup Nginx di cPanel, dan mendapatkan kinerja terbaik untuk server cPanel.

Fitur utama cPnginx termasuk: Update otomatis Nginx, technical support 24×7, API untuk pengembang dan module WHMCS untuk integrasi dengan sistem billing / support.

Biayanya mulai US$ 5 / bulan / server.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90