Tips Memilih Hosting Yang Tepat

 

Dalam segala hal, sebelum mengambil keputusan tertentu sangat perlu melakukan pertimbangan. Begitu juga ketika kamu memutuskan untuk memilih layanan web hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan situs kamu. Kamu perlu mempertimbangkan berbagai aspek sebelum mengambil keputusan. Maka kali ini kami membuatkan tips memilih hosting yang tepat.

1. Ketahui kebutuhan Hosting kamu

Tips memilih hosting yang pertama adalah kamu harus mengetahui kebutuhan situs seperti apa.

– Situs apa yang kamu bangun?

– Apakah kamu menggunakan aplikasi Windows?

– Apakah kamu menggunakan aplikasi khusus?

– Seberapa besar traffic situs kamu, dan kedepannya apakah akan semakin bertambah besar?

Hanya kamu yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Kenali dulu kebutuhan kamu, sebelum mengambil keputusan.

Misalnya saja kamu hanya ingin membuat situs pribadi, situs untuk menampilkan data diri / curiculum vitae, atau undangan pernikahan. Maka kamu bisa menggunakan layanan free hosting atau hosting dengan harga yang benar-benar murah.

2. Harga

Yang pertama kali dilihat oleh kebanyakan orang dalam memilih hosting adalah harganya. Namun harga harusnya tidak dijadikan faktor utama sebelum memilih hosting. Memilih hosting karena harganya yang sangat murah sangat tidak disarankan, apalagi jika situs kamu untuk menghasilkan uang. Selain itu tentunya yang murah memiliki keterbatasan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan harga yang lebih mahal. Bandingkan fitur-fitur yang ditawarkan.

3. Keandalan server dan waktu uptime

Situs yang kamu buat harus berjalan setiap hari, 24 jam / 7 hari. Jadi kamu membutuhkan layanan hosting dengan server yang handal dan koneksi yang stabil. Waktu uptime yang sangat direkomendasi adalah 99,5%, jika memiliki waktu uptime dibawah 99% sebaiknya jangan dipilih.

Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk melakukan monitoring server, seperti: Monitor Scout, Got Site Monitor, Service Uptime, Host Tracker, Status Cake, Pingdom, Monitis dan banyak lagi yang lainnya.

4. Spesifikasi Teknis

Jika kamu ingin menyimpan situs blog, E-Commerce, situs dengan berbagai konten, situs video, tentunya kamu sangat tidak disarankan untuk memilih paket hosting yang murah. Karena paket hosting murah bisa saja tidak memiliki RAM, tenaga processing dan disk space yang terbatas untuk menyimpan semua data, dan kamu akan sering menemui isu downtime jika memilih paket yang murah.

5. Pilihan upgrade server

Jika kamu mempunyai ekspektasi situs yang kamu buat akan tumbuh menjadi besar dalam jangka waktu satu atau dua tahun kedepan, maka kamu harus mempertimbangkan untuk memilih hosting yang memungkinkan upgrade dengan mudah. Kemudahan upgrade dari yang awalnya menggunakan shared hosting menjadi virtual private server atau dedicated server, untuk tenaga processing yang lebih cepat, kapasitas memori dan disk space yang lebih besar, dan fitur keamanan yang lebih baik.

6. Technical Support

Ketika situs kita tiba-tiba down, tentunya kita akan langsung menghubungi perusahaan hosting untuk mencari tahu. Entah dengan mengirim email, live chat atau telepon. Cari tahu apakah mereka dapat mengetahui apa penyebabnya dan bisa memperbaikinya, atau setidaknya memberitahukan bagaimana cara membuat situs kita kembali online.

Cari perusahaan hosting yang menyediakan staf technical support yang bekerja setiap hari, 24 jam / 7 hari. Salah satunya adalah Jakartawebhosting.com, yang menyediakan team support yang handal bersertifikasi MCP, MCSE,RHCE, selama 24 jam / 7 hari.

7. Fitur / Add-Ons

Biasanya perusahaan hosting menawarkan biayanya yang tidak jauh berbeda. Kamu bisa mempertimbangkan fitur atau add-ons spesial apa yang ditawarkan oleh perusahaan hosting. Misalnya saja memiliki data center di beberapa tempat berbeda, atau add on seperti domain gratis dan layanan back-up secara berkala.

8. Tampilan Control Panel

Meski kamu merupakan orang yang paling tidak melek teknologi, ada hal yang perlu dilakukan seperti memasang WordPress, men-setting email, men-setting akun FTP, harus kamu lakukan sendiri tanpa harus menghubungi perusahaan hosting. Untuk itu kamu harus memastikan bahwa perusahaan server menggunakan tampilan Control Panel yang mudah digunakan seperti cPanel atau Plesk.

Jakartawebhosting.com

9. Review dari pelanggan

Tips memilih hosting selanjutnya adalah dengan melihat review dari pelanggan. Biasanya di situs resmi perusahaan hosting menampilkan testimonial atau review dari pelanggan. Hal ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih hosting, jika reviewnya semakin bagus maka tentunya akan menjadi nilai tambah.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90