Mengenal Public Cloud, Private Cloud dan Hybrid Cloud

 

Cloud memang bukan teknologi baru, namun saat ini penggunaannya semakin meningkat. Cloud computing telah bertransformasi dari sekedar solusi menjadi standar untuk menjalankan operasional IT di berbagai organisasi.

Ada tiga tipe Cloud yang banyak digunakan oleh organisasi seperti: Public Cloud, Private Cloud atau Hybrid Cloud. Pada post kali ini saya akan membahas perbedaan dari ketiga tipe Cloud Computing Ini.

1. Public Cloud

Ketika kebanyakan orang mendengar istilah Cloud, yang mereka pikirkan sebenarnya adalah Public Cloud. Awalnya layanan ini dimulai dengan menyimpan aplikasi di internet yang dikenal sebagai Software as a Service, seperti layanan email. Namun saat ini Public Cloud tidak hanya aplikasi tetapi juga infrastruktur (seperti Amazon Web Service, Google Cloud Platform atau Microsoft Azure) atau data storage (seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft One Drive, dan sebagainya). Siapa saja dapat menggunakan layanan Public Cloud dan dapat diakses oleh publik melalui internet.

2. Private Cloud

Private Cloud sebenarnya sangat mirip dengan on-premises data center yang banyak digunakan sebelum era cloud. Perbedaan antara keduanya adalah Cloud menggunakan software virtualisasi dan automation untuk mengelola infrastruktur seperti Public Cloud. Namun berbeda dengan Public Cloud yang bisa diakses oleh banyak orang atau organisasi, Private Cloud didedikasikan hanya untuk satu organisasi. Keunggulan terbesar dari Private Cloud dapat memberikan pengguna lebih banyak kontrol dalam hal keamanan, privasi data dan kepatuhan, namun tentu saja biayanya lebih mahal dibandingkan dengan Public Cloud.

3. Hybrid Cloud

Definisi Hybrid Cloud bisa berbeda-beda, beberapa melihatnya sebagai pencampuran antara aplikasi, data dan infrastruktur. Misalnya, perusahaan memiliki aplikasi yang dijalankan pada Public Cloud, dan untuk mengamankan data-datanya mereka menggunakan Private Cloud untuk menyimpan semua data. Yang lainnya melihatnya hanya sebagai penggunaan beberapa layanan Cloud, yang diatur untuk dapat bekerja sama dengan baik.

 

Jakartawebhosting.com

Jika anda ingin beralih ke Cloud Computing, anda bisa memulainya dengan menggunakan Cloud Server. Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Server, layanan hosting berbasis Cloud yang terhubung ke banyak server, jadi anda tidak perlu khawatir akan kinerja server yang tidak stabil. Cloud Server dapat digunakan untuk berbagai jenis layanan seperti layanan web hosting, layanan email hosting, layanan database hosting ataupun layanan aplikasi digital lainnya.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90