Cara Membuat Backup di Plesk

 

Plesk, merupakan salah satu aplikasi administrasi web hosting yang paling banyak digunakan, memberikan kita pengguna kemampuan untuk membuat backup konten yang ada di website kita. Kita bisa melakukannya langsung ketika membuka Plesk atau membuat jadwal backup regular. Untuk membuat backup di Plesk sangat mudah, dengan memilih pilihan ‘Backup Manager’ dan ikuti petunjuk dilayar.

1. Klik “Backup Manager” Pada Menu Utama

Untuk membuat backup di Plesk, yang pertama harus dilakukan adalah mengklik “Backup Manager” pada menu utama Plesk. Jika tidak ketemu ketik “Backup Manager” pada kolom Search.

2. Pilih Backup atau Schedule Backup

Jakartawebhosting.com

Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tab “Back Up” untuk membuat backup langsung dari file website kamu atau mengklik tab “Scheduled” untuk membuat jadwal backup, baik untuk membuat jadwal sekali saja atau jadwal rutin.

Untuk Scheduled Backup, kita harus mengisi pilihan seperti waktu untuk menjalankan backup, dan jangan lupa untuk mencentang “Activate this backup task.” Lalu dibawahnya pilih file apa saja yang ingin di-backup (DOmain configuration, Mail configuration and content, dan User file and database). Kemudian pilih untuk menyimpan file backup dimana. Serta jangan lupa untuk memasukan informasi email untuk pemberitahuan.

Sementara untuk pilihan ‘Backup,’ kita juga harus memilih “Server configuration and content,” kemudian memilih tipe backup: ‘Full’ untuk mem-backup semuanya atau ‘Incremental’ untuk mem-backup data website yang berubah dari backup terakhir. Serta jangan lupa untuk memasukan informasi email untuk pemberitahuan.

3. Konfirmasi Backup Telah Selesai

Kita dapat mengecek apakah backup telah selesai dilakukan dengan mengklik “Backup Manager,” untuk mengecek keberadaan dari file backup dan waktu serta tanggal backup tersebut dibuat. Dari sini kita juga dapat mendownload backup tersebut ke local disk.

Restoring Backup:

Untuk melakukan restore dari backup, masuk kembali ke menu “Backup Manager,” pilih file backup yang diinginkan. Setelah halaman baru terbuka, scrol ke bawah hingga ada pilihan Restoration. Pilih untuk me-restore: “Configuration and content” atau hanya ‘configuration’ saja. Centang “”send notification to” untuk memberitahukan jika proses restore telah selesai. Dan klik tombol restore untuk menjalankan proses restore.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90