Berapa Lama Waktu Propagasi DNS? Apa Saja yang Mempengaruhinya?

 

Jika kamu memperbaharui DNS Record (Domain Name System) di zone file domain name kamu, maka setidaknya perlu waktu hingga 48 jam (bisa jauh lebih cepat) agar pembaruan tersebut efektif di semua internet service provider (ISP). Walau penyedia domain telah berupaya melakukan pembaruan secepat mungkin, waktu propagasi DNS untuk nama domain tergantung pada beberapa faktor yang tidak dapat mereka kendalikan.

Banyak pembaruan yang bisa kamu lakukan di dalam Domain Manager terhadap DNS Record dalam zone file domain name kamu. Misalnya, jika kamu membuat name server, mengaktifkan forward atau masking, mengaktifkan DNSSEC (Domain Name System Security Extension), menetapkan alamat host dan IP, atau membuat situs web mobile, kamu perlu memperbaharui zone file domain name kamu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Propagasi DNS:

  1. Pengaturan TTL (waktu tayang) – Kamu bisa mengatur TTL untuk masing-masing DNS Record di zone file domain name kamu. TTL adalah periode waktu untuk name server menyimpan informasi DNS Record. Misalnya, jika kamu menetapkan TTL untuk Record tertentu menjadi satu jam, server menyimpan informasi untuk Record tersebut secara lokal selama satu jam sebelum mengambil informasi yang diperbaharui dari name server otoritatif. Namun, pengaturan yang lebih pendek dapat meningkatkan jumlah query ke name server resmi, dan peningkatan beban dapat memperlambat waktu pemrosesan server.
  2. ISP (internet service provide) – ISP atau penyedia layanan internet kamu gunakan akan menyimpan DNS Record (menyimpan data secara lokal daripada mengambil data baru dari server DNS) untuk mempercepat browsing web dan mengurangi lalu lintas, yang dapat memperlambat waktu propagasi DNS. Sebagian besar ISP mengabaikan pengaturan TTL dan hanya memperbaharui Record simpanan mereka setiap dua hingga tiga hari sekali.
  3. Registri Nama Domain – Sebagian besar registri memperbaharui zona mereka dengan segera. Misalnya, VeriSign menyegarkan zona untuk domain name .com setiap tiga menit. Akan tetapi, tidak semua registri melakukan pembaruan secepat itu. Registri sering kali melindungi root name server mereka dari pemakaian berlebih dengan menetapkan panjang TTL hingga 48 jam atau lebih untuk NS Record. Selain itu, name server rekursif tidak boleh menyimpan root NS Record, namun sebagian ISP tetap menyimpan informasi tersebut, yang dapat menyebabkan waktu propagasi DNS yang lebih lama.
Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90