Apa Itu Web Hosting?

 

Apakah kamu pernah berpikir bagaimana website bisa ada di internet dan kita bisa mengaksesnya kapan saja dan darimana saja?

Rahasianya sangat simpel, karena web hosting.

1. Apa itu web hosting?

Simpelnya web hosting itu merupakan proses menyewa space untuk menyimpan semua file website di internet. Space ini adalah server, yang esensinya adalah infrastruktur yang terdiri dari komputer dan jaringan yang memungkinkan website kita bisa diakses oleh siapa saja dari seluruh dunia.

2. Kenapa kamu butuh web hosting?

Jika kamu ingin membuat website, pastinya kamu membutuhkan web hosting agar website kamu bisa ada di internet. Sangat mungkin jika kamu ingin membuat server sendiri dirumah, namun kamu butuh keahlian yang tinggi seputar jaringan dan juga membutuhkan sumber daya yang sangat banyak. Web hosting merupakan pilihan yang sangat masuk akal, ketimbang membangun server sendiri dirumah. Namun berbeda jika perusahaan besar yang memiliki modal yang besar.

Jakartawebhosting.com

Membuat web server untuk menjalankan website kamu membutuhkan komputer yang secara terus menerus menyala dan dibackup dengan UPS jika ada hal yang tidak diinginkan seperti pemadaman oleh PLN. Selain itu kamu harus memasang AC untuk menjaga suhu komputer server tetap stabil. Dari sini saja sudah terlihat pemakaian listrik yang cukup besar, yang tentunya akan menambahkan biaya listrik dirumah. Belum lagi hal lain seperti berlangganan internet yang cepat, tidak bisa menggunakan internet dari operator seluler karena biasanya tidak stabil. Dan lain sebagainya.

Malah yang lebih murah dan tidak merepotkan adalah dengan memilih menggunakan web hosting.

3. Jenis-jenis web hosting

Ada berbagai pilihan web hosting yang bisa kamu pilih untuk jenisnya dibagi kedalam tiga kategori utama:

  • Shared hosting: Kamu menyewa space pada satu server, yang pada server tersebut ada penyewa-penyewa lainnya. Jika website kamu masih baru atau masih memiliki pengunjung yang belum ramai, shared hosting menjadi pilihan yang paling ekonomis.
  • Dedicated hosting: Kamu menyewa satu server dan kamu tidak berbagi server dengan penyewa lain. Biayanya lebih mahal, dan cocok jika website kamu sudah memiliki banyak pengunjung (lebih dari 100.000 pengunjung per bulan) atau menginginkan kapasitas storage dan RAM yang lebih besar.
  • VPS hosting: Merupakan penengah dari shared hosting dan dedicated hosting. Hosting ini memiliki fungsi yang sama seperti dedicated, kamu bisa memasang sistem operasi sesuai dengan yang kita inginkan, namun dengan harga yang hampir sama murah seperti shared hosting. Tetapi untuk kinerjanya lebih lambat dibandingkan Dedicated.
  • Atau yang sekarang sedang booming adalah Cloud hosting. Sama seperti VPS yang menggunakan virtual machine pada server, namun untuk upgrade core CPU, RAM dan storage bisa dilakukan dalam hitungan detik sesuai dengan kebutuhan / On Demand.

Selain itu ada jenis web hosting lainnya, seperti berdasarkan sistem operasi: Windows hosting dan Linux hosting, dan hosting lain seperti WordPress hosting, Joomla hosting, Drupal hosting, email hosting, managed hosting dan masih banyak yang lainnya.

Jika sedang membuat website dan ingin menggunakan web hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan berbagai paket menarik untuk Shared hosting, Dedicated hosting hingga Cloud server, dengan harga yang terjangkau dan support 24 jam.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90