Apa Itu CloudLinux?

 

Ketika anda mengunjungi beberapa website penyedia web hosting, mungkin anda menyadari bahwa hampir semuanya mempromosikan CloudLinux yang menawarkan mengenai keamanan, stabilitas dan kinerja. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai CloudLinux, dan fitur-fitur utamanya.

Mengenal CloudLinux

CloudLinux menjadi salah satu teknologi yang paling popular untuk web hosting dan terutamanya untuk shared server. Diciptakan oleh Igor Seletsky yang didukung oleh CloudLinux Team, sistem operasi ini menyediakan lingkungan hosting yang aman dan stabil yang memungkinkan Sysadmin dan perusahaan web hosting untuk bekerja pada lingkungan yang aman, karena mengetahui pengguna mereka aman dan terkendali di dalam kotak yang dibuat untuk masing-masing pengguna.

CloudLinux merupakan sistem operasi dan platform terdepan untuk meningkatkan keamanan, stabilitas dan kinerja dari server. Cara kerjanya dengan mengisolasi setiap pengguna dengan sejumlah sumber daya server.

Hal ini dilakukan dengan melakukan virtualisasi / caging setiap pengguna di dalam lingkungan virtual mereka sendiri, hal ini disebit dengan LVE (LightWeight Virtual Environment). Setiap LVE didalam server shared hosting memiliki jumlah sumber daya sistem yang telah ditentukan sebelumnya untuk digunakan. Meski begitu, anda juga bisa mengaturnya agar tidak tidak terbatas untuk semua pengguna.

Sistem operasi ini mendorong platform web hosting yang lebih stabil, dengan downtime hampir 0%, keamanan yang tinggi antara akun cPanel dam kinerja yang luar biasa. Sistem operasi ini dapat membantu anda untuk mengurangi biaya operasi, ticket technical support dan meningkatkan profit perusahaan anda.

Masalah Dengan Lingkungan Shared Hosting Tradisional

Server shared hosting sering kali memiliki ratusan website, dan masing-masing website ini memiliki file, email dan database mereka sendiri. Dan juga kebanyakan menggunakan aplikasi CMS (content managemen system) yang rentan untuk diserang, seperti software WordPress, Drupal dan Joomla yang tidak pernah diupdate.

Dalam lingkungan shared hosting yang normal, tidak ada batasan untuk akun shared hosting, dan jika ada sesuatu yang kacau pada website, ia dapat mulai menggunakan sejumlah besar sumber daya dari keseluruhan server. Hal ini menyebabkan website lainnya yang masih satu server menjadi terpengaruh dan kecepatannya menjadi lambat. Semua menjadi bermasalah hanya karena satu akun.

Di server hosting tradisional, anda tidak dapat menetapkan batasan nyata untuk sumber daya sistem seperti CPU, I/O, RAM, dan jaringan. Dan ketika masalah ada dihadapan anda, maka anda membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan website yang bermasalah diantara ratusan website.

Bagaimana CloudLinux Dapat Membantu Penyedia Web Hosting?

Setelah menentukan limit penggunaan sumber daya sistem, semua pengguna kini 100% terisolasi dari pengguna lainnya. Ini berarti jika ada akun pengguna tertentu yang mendapat serangan DOS / flood dan mulai menghabiskan RAM, I/O dan CPU, limit CloudLinux akan mencegah server menjadi down karena load average yang tinggi.

CL mengendalikan kestabilan server anda dengan mengisolasi pengguna yang diserang misalnya. Dalam kasus ini, satu-satunya yang terpengaruh hanya yang mendapatkan serangan saja, bukannya keseluruhan server, seperti yang terjadi pada server shared hosting tradisional yang tidak menetapkan batasan pada sumber daya sistem.

Seperti yang anda lihat, CL menggunakan limit untuk melindungi sistem terhadap serangan.

Fitur-Fitur Utama CloudLinux

CageFS

CageFS merupakan teknologi virtualisasi yang dapat mengisolasi setiap pengguna kedalam file sistem tersendiri. Hal ini membantu untuk mencegah pengguna untuk melihat sesamanya, dan melihat informasi yang ada didalamnya. CageFS juga dapat membantu untuk mencegah serangan besar termasuk disclosure attack, cross server defacing dan privilage escalation attack.

SecureLink

SecureLink merupakan solusi berbasis kernel-lebe yang dapat membantu untuk menghindari serangan symlink yang terkenal. Serangan symlink merupakan salah satu mimpi terburuk bagi para server administrator. Teknologi ini merupakan salah satu patch terbaik untuk menangani celah tersebut.

LVE Manager

LVE Manager yang bertanggung jawab untuk mengontrol penggunaan sumber daya yang dimiliki server. Tool ini dapat membantu memiliki server yang stabil dengan memberikan kontrol penuh untuk penggunaan RAM, IO, CPU, system process, dan network.

MySQL Governor

Jakartawebhosting.com

MySQL sering menjadi salah satu penyebab load average yang tinggi pada shared hosting. Script yang ditulis kurang bagus dapat menyebabkan SQL query menjadi lambat, yang pada ujungnya dapat menyebabkan masalah pada kinerja server.

MySQL Governor dapat membantu untuk mengawasi dan men-terminate SQL query yang tidak pernah berhenti untuk dieksekusi, hal ini dapat mencegah load average yang tinggi, mengurangi downtime dan membantu meningkatkan kinerja dan stabilitas server.

HardenedPHP

HardenedPHP merupakan salah satu fitur terbaik dari CL yang digunakan untuk menyediakan dukungan kepada versi PHP yang lama. Versi PHP lama tidak berlaku lagi, dan mereka sudah tidak menerima update keamanan baru. Namun, tidak semua orang bisa mengupdate script PHP lama mereka.

HardenedPHP, menggunakan versi PHP lama yang tidak digunakan dan membuat patch untuk semuanya terhadap semua kerentanan. HardenedPHP menangani semua ini, anda bisa menjalankan script PHP lama, dan dilindungi olehnya.

PHP Selector

Dengan fitur ini pengguna dapat memilih untuk menggunakan versi PHP tertentu yang mereka inginkan. PHP Selector menyediakan versi PHP lama hingga yang paling baru. Anda bisa memilih untuk menggunakan PHP 4.4, 5.1, 5.2, 5.3, 5.4, 5.5, 5.6, atau PHP 7.0. Dan bahkan anda bisa menaktifkan / menonaktifkan per-user basis lebih dari 120 ektensi PHP yang popular, dan juga dapat mengkonfigurasi file php.ini untuk masing-masing pengguna.

OptimumCache

OptimumCache akan membuat cache untuk duplikat file, hal ini dapat mencegah beberapa file PHP yang sama di-load, sehingga membuat respon PHP semakin cepat, karena semua file duplikat akan disajikan dari memory cache OptimumCache.

OptimumCache dapat mengurangi IO, meningkatkan kecepatan, menurunkan penggunaan memori dan meningkatkan stabilitas server secara keseluruhan.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90