7 Cara Mengoptimalkan SEO Magento

 

Ketika berbicara mengenai platform website eCommerce, mungkin Magento menjadi platform eCommerce yang paling popular. Platform ini digunakan oleh lebih dari 200.000 situs online store yang di internet. Platform ini digunakan untuk membangun situs eCommerce yang sangat interaktif.

Magento memiliki koleksi template yang sangat banyak, selain itu juga banyak tersedia extension dan add-on untuk menambahkan fitur pada situs online store dan terlihat seperti situs profesional.

Namun, membuat website dengan tampilan yang sangat menarik tidaklah cukup. Untuk penjualan dan pendapatan yang lebih baik, kita harus menjalankan taktik SEO Magento yang tepat. SEO ini akan menaikan ranking situs pada mesin pencari popular seperti Google, yang akan membantu untuk mendapatkan traffic yang tentunya akan meningkatkan conversion rate.

SEO Magento sebenarnya sama dengan cara SEO untuk situs-situs lainnya, berikut ini adalah 7 langkah yang bisa kita lakukan.

1. Membuat Konten Menarik Yang SEO Friendly

Situs eCommerce tentunya dipenuhi oleh banyak produk dengan kategori yang juga banyak. Untuk membuat situs eCommerce yang menarik, tentunya kita tidak hanya memajangnya saja tetapi kita juga harus membuat deskripsi mengenai produk tersebut dengan bahasa yang menarik. Tidak cukup sampai disitu saja kita juga harus membuatnya SEO Friendly.

Kita bisa memasukan kata kunci pada halaman produk tersebut, tentunya harus sesuai dengan produk pada halaman tersebut. Misalkan saja produknya adalah kaos, kita bisa menambahkan keyword seperti: “kaos murah,” “jual kaos,” “kaos polos,” “kaos couple,” dan lain sebagainya. Hal ini dapat membantu halaman ini mendapatkan ranking yang lebih dan tentunya mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

2. Metadata: Tambahkan Meta Title dan Meta Description

Sama seperti SEO website lain, pada SEO Magento, Meta Title dan Meta Description merupakan dua aspek yang sangat penting dan sangat efektif. Keduanya merupakan faktor yang sangat penting pada mesin pencari. Ketika pengguna melakukan pencarian produk atau kata kunci tertentu, mesih pencari akan melakukan pencarian ke website-website berdasarkan Meta Title dan Meta Description. Dan juga Meta Title dan Meta Description lah yang akan ditampilkan pada hasil pencarian mesin pencari.

Kamu harus membuat Meta Title dan Meta Descrition yang unik dan juga memasukan kata kunci yang sesuai. Untuk Meta Title tidak lebih dari 60 karakter, dan Meta Description antara 150 – 160 karakter.

3. Membuat Sitemap

Sitemap menyediakan mesin pencari atau search engine dengan informasi mengenai konten dari situs kamu. Mesin pencari Google akan mengirimkan bots untuk meng-crawl situs, dengan kita membuat index menggunakan XML sitemap proses tersebut menjadi lebih mudah dan cepat.

Jakartawebhosting.com

Bagusnya Magento menawarkan fitur untuk membuat sitemap dari online store yang kita buat.

4. Optimalkan Gambar

Gambar merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi online store, pengunjung akan membeli produk berdasarkan gambar yang kita tampilkan. Jadi kita harus menampilkan gambar terbaik dan semenarik mungkin.

Namun tidak hanya menampilkan gambar yang menarik, kita juga harus mengoptimalkannya agar SEO Friendly. Kita harus membuat nama file gambar dengan menambahkan keyword, dan juga memberikan description pada gambar. Alt Tags dan Title pada gambar akan memberikan crawler atau spider dari mesin pencari untuk mendapatkan informasi dari gambar yang ada pada situs. Dan hal ini juga akan meningkatkan ranking SEO Magento.

5. Tag Structure

Menjadi pengembang Magento, kamu harus mempelajari mengenai Tag Structire dari halaman situs. Kamu harus menggunakan H1 Tags untuk nama kategori dan H3 Tags untuk nama produk pada halaman katalog produk jika kamu ingin mendapatkan ranking yang lebih baik.

Kedua Tags ini akan memberitahukan spider mengenai seberapa penting konten pada masing-masing halaman situs. Sementara pada halaman produk, kita juga bisa menggunakan H1 tags pada nama produk.

6. Hapus Produk Duplikat

Dengan begitu banyaknya produk mungkin saja ada produk yang dimasukan lebih dari satu kali. Konten yang memiliki duplikat tidak akan membantu untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, malahan yang ada dapat membuat turun ranking online store pada Google dan mesin pencari lainnya.

Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka kamu harus mencari konten yang memiliki duplikat dan menghapusnya. Dan juga usahakan untuk tidak membuat deskripsi dan nama file gambar yang sama untuk setiap halaman produk.

7. Menggunakan Extension Untuk Meningkatkan User Experience

User Experience memainkan peran yang krusial untuk menentukan ranking SEO. Menjalankan online store dengan User Experience yang kurang baik segera akan menurunkan conversion rate dari online store kamu.

Magento menawarkan banyak koleksi extension, yang bisa kamu gunakan untuk memberikan navigasi yang lebih baik dan pengalaman belanja yang lebih baik, sehingga mereka dapat betah berlama-lama di situs kamu.

 

Jika anda sedang mengembangkan situs online store menggunakan platform Magento, anda bisa mempercayakan Jakartawebhosting untuk Magento Hosting. Kami memberikan dukungan untuk situs online store anda, dengan windows hosting yang memiliki fitur-fitur lengkap dan memenuhi standar prosedur serta standar keamanan.

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90