5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mulai Membuat Blog

 

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mulai Membuat Blog

Memulai membuat blog merupakan hal yang sangat-sangat mudah. Kamu bisa menggunakan CMS blog gratis seperti Blogspot.com atau WordPress.com, buat akun, pilih nama blog, pilih desain blog yang kamu inginkan, dan tayangkan blog kamu agar bisa diakses di internet oleh semua orang di seluruh belahan dunia kapan pun dan di mana pun.

Tetapi jika kamu membuat blog dengan tujuan yang lain, misalnya ingin mengembangkan perusahaan untuk bisnis online atau merek personal kamu sendiri, atau bisa juga toko online. Berikut ini adalah lima tips yang dapat membantu kamu membuat blog secara profesioal.

1. Lakukan Riset Pasar sebelum membuat blog

Ketika kamu memulai sebuah blog, kamu perlu mempunyai sesuatu hal yang baru yang dapat membuat orang-orang akan mengikuti blog kamu, yang tidak pernah mereka temukan pada blog lainnya. Jika nilai jual kamu merupakan perspektif yang unik, siapkan hal tersebut untuk kamu demonstrasikan sebagai nilai jual.

Kamu harus mampu untuk mengartikulasikan blog yang dapat dibaca oleh orang lain, bagaimana mereka dibedakan satu sama lain, dan bagaimana blog kamu berbeda dengan blog lainnya.

2. Putuskan Blog Kamu Mengenai Apa

Yang harus dilakukan oleh Blogger adalah dengan membuat konten. Seperti kebanyakan konten lainnya, kamu haru mempunyai visi yang jelas mengenai konten-konten kamu. Blog untuk bisnis dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan dengan membuat halaman FAQ, berbagi foto dan video dari produk dan service yang digunakan bisa secara real time.

Tanya kepada diri kamu sendiri kenapa kamu mau membuat blog? Disinilah semuanya dimulai. Ketika blog kamu digunakan untuk membangun merek personal, pekerjaannya menjadi lebih banyak. Selanjutnya kamu akan mempresentasikan ide kamu kepada dunia.

Jakartawebhosting.com

3. Rencanakan Post Artikel pada blog

Ketika kamu sudah mendapatkan mengenai apa blog yang kamu buat. Sekarang tentukan berapa banyak post yang akan kamu buat. Seminggu sekali merupakan waktu yang paling minimum, dan lebih dari 2 kali dalam satu hari merupakan overkill.

Setelah kamu merencanakan berapa post yang akan kamu buat dalam seminggu, kamu bisa membuat kalender editorial. Beberapa CMS blogging menawarkan tools yang dapat membantu kamu membuat kalender editorial, tetapi banyak orang yang menggunakan kalender digital maupun kalender konvesional dari kertas.

4. Bangun Konten Sebelum Kamu Promosikan

Membuat blog baru memang menyenangkan, dan kamu pastinya ingin mempromosikan blog kamu setiap kali kamu selesai menambahkan post baru. Tahan godain ini. Sebelum mempromosikan blog kamu, pada blog kamu setidaknya telah mempunyai halaman About, FAQ dan empat sampai lima postingan. Jika sudah mencukupi baru kamu mulai berbagai setiap post yang telah kamu buat.

5. Mempunyai Bagian Komentar atau Tidak?

Bagian komentar dapat digunakan dengan berbagai keuntungan, tetapi dalam beberapa tahun ini banyak blog popular yang menutup bagian komentar pada blognya. Karena biasanya komentar akan jauh melenceng dan terkadang mulai timbul hal-hal yang berbau SARA.

Jika kamu hanya mendapatkan sedikit komentar hal tersebut bukanlah masalah. Tetapi jika kamu mendapatkan banyak komentar, dan kamu melihat komentar yang sudah melenceng maka kamu harus menggunakan moderasi. Matikan komentar jahat tersebut akan menghemat waktu kamu.

Apabila Anda ingin membuat sebuah blog, Anda bisa menggunakan Jakartawebhosting.com untuk blog.

Dengan paketĀ https://www.jakartawebhosting.com/wordpress-hosting/ yang sudah diperuntukan oleh para blogger dan pembuat konten sosial media

Jakartawebhosting.com
AD INJECTION TEST ADVERT 728x90